Sharing Ilmu Islam

Meluruskan Paradigma : “Perbedaan Manusia & Hewan adalah Akal”


Ada pendapat yang menyatakan bahwa : Akal adalah perbedaan manusia dan hewan. Pendapat ini tidak benar, karena faktanya hewan pun berakal. Ada pendapat yang menyatkan bahwa hewan tidak memiliki akal, tapi naluri. Faktanya itu hanya akal-akalan saja, Buktinya strategi hewan dalam berburu, membangun sarang, dsb. Apa itu mungkin terjadi hanya dengan mengandalkan naluri? Pendapat bahwa… Continue reading Meluruskan Paradigma : “Perbedaan Manusia & Hewan adalah Akal”

Sharing Ilmu Islam

Ringkasan Pengajian Ustadz farid ridwan : Hijrah


10 ramadhan 1440H Alhamdulillah hari ini kita masih iman dan taat. Diawali dengan kisah nabi Ibrahim hijrah dari Babilonia ke Mesir, lalu hijrah ke Palestina, lalu memisahkan dua keluarganya:  siti hajar (budak pemberian istrinya dan Siti Sarah Istri beliau) Dilanjut kisah Nabi Musa AS hijrah dari Mesir ke Madyan lalu ke Kanaan. Dilanjut kisah hijrah… Continue reading Ringkasan Pengajian Ustadz farid ridwan : Hijrah

Sharing Ilmu Islam

Mengatasi Futhur (Jum’at 29 Juni 2017)


Mengatasi sifat bosan dgn ibadah berulang-ulang bahakan ga semangat saat ramadhan datang. Jenuh bikin futhur, lalai. Memang Iman ada naik, ada turun (hadits),  Naik itu taat, Turun itu maksiat. Ada 4 cara Harus mulai faham hakikat ibadah dengan Ilmu. Shalat, puasa, bukan ikut2an, bukan ikut kebanyakan, Berkumpul dgn orang Sholeh. Baik dan berdialog dengan mereka.… Continue reading Mengatasi Futhur (Jum’at 29 Juni 2017)

Sharing Ilmu Islam

Efisiensi Waktu & Dakwah ala Rasulullah SAW (Kajian Ramadhan 24 mei 2017)


Rasulullah pernah dakwah, dari pagi hingga Maghrib, hanya di selang shalat. Dan itu hanya 1 hari itu saja. Keahlian Rasul berkata singkat namun padat. (Jawami'ul Kalim) lalu kenapa ini panjang bener? Rasulullah SAW ternyata mengisahkan dari penciptaan langit bumi hingga penghuninya surga & neraka masuk tempat masing-masing. Gambaran saat zaman fitnah itu seperti malam yang… Continue reading Efisiensi Waktu & Dakwah ala Rasulullah SAW (Kajian Ramadhan 24 mei 2017)

Sharing Ilmu Islam

Apakah Tarekat Syattariyah Itu?


Dikutip dari wikipedia, Tarekat Syattariyah adalah aliran tarekat yang pertama kali muncul di India pada abad ke-15. Tarekat ini dinisbahkan kepada tokoh yang memopulerkan dan berjasa mengembangkannya, Abdullah asy-Syattar. Awalnya tarekat ini lebih dikenal di Iran dan Transoksania (Asia Tengah) dengan nama Isyqiyah. Sedangkan di wilayah Turki Usmani, tarekat ini disebut Bistamiyah. Tarekat Syatariyah di… Continue reading Apakah Tarekat Syattariyah Itu?

Sharing Ilmu Islam

Ceramah Ustadz Abdullah Gymnastiar di Masjid Sabillilah Malang : Akhlak Rasulullah SAW


Ass. Wr wb Berikut ini saya akan sedikit memberikan cerita singkat mengenai isi dari ceramah ustadz Abdullah Gymnastiar yang diselenggarakan di Masjid Sabillilah Malang Jawa Timur. Jika ada kata kata yang salah, itu datangnya dari saya pribadi. Oleh sebab itu saya ingin meminta maaf sebelumnya jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat dalam penyampaian… Continue reading Ceramah Ustadz Abdullah Gymnastiar di Masjid Sabillilah Malang : Akhlak Rasulullah SAW

Sharing Ilmu Islam

Ringkasan Ceramah Abah Uci : Kisah Tupai, Tikus dan Ular


Di zaman satwa, zaman hewan bisa bicara, ada tupai, sarangnya berada di atas pohon ambon yang strategis dimana dia berada diantara dua cabang yang besar, kata tupai : "mantap banget ini rumah, yang lewat terlihat, yang lagi mandi terlihat :), mantap jasa! Karena suatu sebab ini tupai turun lalu naik pohon kelapa, lalu makanlah kelapa… Continue reading Ringkasan Ceramah Abah Uci : Kisah Tupai, Tikus dan Ular

Sharing Ilmu Islam

Siapakah Mama Ajengan KH Ahmad Syuja’i Ciharashas ?


Sumber : http://www.nu.or.id/post/read/81333/tiga-habib-satu-kiai-anjurkan-ajengan-syujai-masuk-nu- Mama Ajengan KH Ahmad Syuja’i Ciharashas (selajutnya Mama Ciharashas), Cianjur, Jawa Barat, kurang mendapat perhatian dalam sejarah NU. Padahal ia, melalui pesantrennya, adalah pemasok kiai-kiai yang menjadi pengurus NU di Priangan Barat. Jika ditelusuri, Rais Syuriah PCNU di Priangan Barat adalah didikan Mama Ciharashas. Sebut misalnya Rais Syuriyah PCNU Sukabumi KH Mahmud Mudrikah… Continue reading Siapakah Mama Ajengan KH Ahmad Syuja’i Ciharashas ?